Thursday, August 25

Teladan KH. Nawawie Sidogiri

Teladan KH. Cholil Nawawie Sidogiri (Wafat 1977), Kiyai Cholil Nawawie, pengasuh pesantren Sidogiri, Pasuruan, dan termasuk seorang hafizh, yakni penghafal al-Qur'an.

Bila beliau mengimami shalat berjama'ah, suaranya menyejukan qalbu dan sangat menyentuh hati, hingga tak jarang membuat para jama'ah menitikan air mata tanpa mereka sadari.
Kehidupan beliau sangat-lah sederhana dan tidak menonjolkan diri. Kemana-mana beliau selalu naik dokar. Bukan tidak punya uang untuk membeli mobil, malah banyak yang bermaksud memberi mobil kepad beliau, tapi ditolaknya.

Alasannya, beliau takut malah akan membebaninya swkaligus khawatir membuat iri tetangga. Saat makan , bila sudah terasa nikmat, maka beliau segera berhenti. "Saya khawatir nikmat saya habis di dunia ini," demikian alasan beliau.

Suatu ketika Kiyai Cholil pernah mengadukan kegundahan hatinya kepada KH. Kholid dari Warungdowo, pohjentrek, Pasuruan.

Dalam bahasa jawa beliau berujar: "Lid, Aku saiki susah (Khalid, sekarang saya sedang susah!)" "Susah nopo, kiai? (Susah bagaimana kiai?)" tanya kiai Kholid.

"Begini. Setiap kali saya sedekah pada orang lain, selalu dibalas langsung oleh Alloh Subhaanahu Wata'ala. Kemarin, saya sedekah sarung kepada seseorang. Tak lama kemudian ada orang mengantarkan 10 helai kain sarung ke rumah. Beberapa hari kemudian, saya bersedekah lagi. Spontan, tak lama kemudian ada orang mengantarkan sesuatu yang sama dengan apa yang telah saya sedekahkan itu - jumlah dan nilainya bahkan lebih besar. Ini yang bikin saya susah. Yang saya takutkan, kalau balasan Alloh Subhaanahu Wata'ala itu diberikan pada saya hanya di dunia ini, sementara di akhirat nanti saya tidak mendapatkan balasan apapun."

Demikian Kiai Cholil bercerita sambil menangis. Dalam kehidupan ini, beliau meneladani kehidupan Baginda Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wassalam. Yang juga hidup sederhana.

Sikap hidup sederhana kiai Cholil ini bisa dibaca dari tulisan berbahasa Arab yang terpampang di dalam rumah beliau yang merupakan do'a Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassalam.:
“Ya Allah, hidupkan aku dalam keadaan miskin. Dan ambil nyawaku dalam keadaan yang sama. Serta kumpulkanlah aku bersama orang-orang miskin”. ...
Allah yarhamhu....
By:Yai Ahmad Baso

0 komentar

Post a Comment